Hepta Search

Rabu, 08 Mei 2013

Sir Alex "Proud of You"


Sumber Gambar : google.com

Hampir semua yang suka sepak bola tidak asing lagi dengan nama “Sir Alex Ferguson”. Alexander Chapman Ferguson atau yang lebih kita kenal dengan Sir lahir  di Govan, Glasgow 31 Desember 1941ini merupakan suksesor dari Manchester united. Pria Skotlandia ini dianggap sebagai salah satu pelatir terbaik Manchester United bahkan menjadi pelatih atau manager paling sukses di dunia. Sir Alex mencatatatkan rekor sebagai pelatih pertama klub inggris memenangkan treble winner yaitu BPL, Piala FA, dan UCL.
Mungkin sebagian kalian tidak tahu bahwa Sir Alex mengawali karirnya sebagai pemain sepakbola sebagai penyerang. Ketika Sir Alex berumir 16 tahun bergabung dengan klub amatir Queens Park dan mencetak 20 gol pada musim pertamanya. Pada musim berikutnya St. Johnstone melirik bakatnya yang luar biasa dan berusaha mendapatkan jasanya. Dan akhirnya Sir Alex pindah dan bermain dengan tim tersebut, Sir Alex mengejutkan public skotlandia dengan mencetak hattrick melawan Glasgow Rangers.
Dengan permainan yang luar biasa tersebut Sir alex dikontrak secara professional oleh Dunfermline dan berhasil menjadi pencetak gol terbanyak liga skotlandia pada debut pertamanya.
Sir Alex akhirnya dapat bergabung dengan tim impiannya sejak kecil Glagow Rangers, namun hanya bertahan selama 2 tahun. Lalu Sir Alex memutuskan untuk pindah ke klub Falkrik dan memutuskan pension sebagai pesepakbola professional bersama Ayr United .Selama menjadi pemain professional Sir Alex mencetak 170 gol dalam 317 pertandingan.
Sir alex tidak begitusaja meninggalkan dunia sepak bola setelah pensiun. Beliau memutuskan untuk terjun ke dunia managerial karena terlalu cinta akan sepak bola.
East Stirlingshare adalah klub pertama yang menggunakan jasa Sir Alex sebagai manager paruh waktu pada tahun 1974.
St. Mirren adalah klub ke dua Sir alex sebagai manager. Sir alex bertahan di klub tersebut dari oktober 1974 – 1978. Selama 4 tahun Sir Alex mempersebahkan gelar juara liga skotlandia pada tahun 1997.
Aberdeen adalah klub ke tiga Sir alex, pada musim 1979/1980 Sir Alex membawa Aberdeen menjuarai liga skotlandia dan berhasil membawa aderdeen ke putaran grup piala winner. Di ajang ini Sir Alex berhasil membawa gelar juara ke tanah skotlandia dengan mengalahkan Real Madrid di partai Final. Tahun tahun berikutnya Sr alex berhasil mempertahankan gelar juara liga skotlandia.
Manchester United adalah klub terakhir Sir alex sebagai manager. Sir alex bergabung dengan United pada tahun 1986 awal karir Sir Alex tidak berjalan mulus, pada debut pertamanya melawan Oxford United MU mengalami kekalahan. Dan kemenangan perdana bersama MU diraih pada pada  tanggal 22 november atas QPR. Pada musim pertamanya Sir Alex membawa united bertengger di urutan ke 11 liga inggris. Pada musim 1988/89 Sir  Alex membawa United berada pada posisi ke 2 di bawah rival abadi mereka Livepool
Pada tahun 1989/1990 adalam masa masa tergelap Sir Alex bersama United karena pada tahun tersebut United adalah calon klub yang akan terdegradasi dari liga inggris. Namun dengan memenangkan piala FA dengan mengalahkan Crystal Palace di partai final menyelamatkan karir Sir Alex bersama United.pada musim 1990/91 United gagal bersaing di liga domestic namun dapat menjuarai Piala winner dengan mengalahkan Barcelona. Ini merupakan awal kebangkitan Sir alex bersama United. Bermulai dari raihan piala winner ini raihan tropi musim musim berikutnya mulai banyak.
Pada musim 1998/99 MU memenangkan 3 tropi yaitu Liga inggris, FA dan UCL. Dominasi MU pun terlihat pada musim musim berikutnya. Terutama pada Liverpool yang menjadi “King of England” pada saat itu dengan raihan 18 gelar liga inggris.
Pada musim 2008/2009 United berhasil menyamai rekor Liverpool dengan 18 gelar liga inggrisnya. Dan memproklamasikan diri menjadi “King Of England”.
Sekarang pada musim 2012/2013 Manchester United makin mendominasi dengan 20 gelar liga inggris atau 13 gelar BPL setelah mengalahkan Aston Villa yang membuat United memiliki poin yang jauh dengan tetangga sekota Manchester city di posisi kedua
Musim ini juga menjadi akhir dari karir managerial Sir Alex dengan mengumumkan secara resmi Pensiun.
Terimakasih Sir Alex atas kontribusinya di dunia sepakbola.
Oleh : Yoga Hepta Gumilar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail