Hepta Search

Senin, 14 Januari 2013

UAS Geografi Pembangunan


Nama : Yoga Hepta Gumilar
Nim : 1002055
Geografi UPI 2010

1.      Jelaskan bahwa penduduk adalah subjek dan objek pembangunan  !
Jawab :
Penduduk atau manusia merupak factor yang sangat penting dalam pembangunan suatu Negara. Penduduk atau manusia yang berkualitas dapat mengelola sumberdaya alam yang ada di Negara tersebut secara maksimal untuk kepentingan kemajuan negaranya. Karena itu penduduk merupakan subjek pembanguunan karena merupakan pelaksana pembangunan.
Penduduk menjadi objek pembangunan, sebab sasaran hasil pembangunan pada hakikatnya untuk kepentingan penduduk itu sendiri. Pembangunan dilaksanakan oleh pemerintah, pemerintah ini merupakan penduduk juga dan dinikmati untuk untuk penduduk. Karenanya aspek kesejahteraan yang adil dan merata di setiap wilayah harus diupayakan. Dalam pelaksanaan pembangunan, penduduk memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban ini diatur sedemikian rupa sehingga kedudukan penduduk sebagai subjek dan objek pembangunan dapat terwujud.
2.      Jelaskan perbedaan modernisasi dengan pembangunan !
Jawaab :
Modernisasi adalah perubahan cara fikir masyarakat dari tradisional dan irasional dalam hal ini masyarakat tradisional menuju kepada cara berfikir yang rasional, efisien dan praktis dalam ha ini merupakan masyarakat modern. Sedangkan
Pembangunan adalah adalah suatu perubahan yang direncanakan dengan sangat tersencana dan matang untuk membangun suatu masyarakat yang lebih maju.
3.      Jelaskan peran gender dalam pembangunan pertanian di Indonesia !
Jawab :
Pertanian di Indonesia harusnya menerapkan system responsive gender. Dimana pembangunan yang responsif gender adalah pembangunan yang responsif terhadap pengalaman, aspirasi, dan permasalahan perempuan dan laki-laki. Indonesia sendri merupakan negara yang mayoritasnya bermata pencaharian dari aspek pertanian. Peran laki-laki dan perempuan sangat diperlukan dalam perkembangannya dalam bidang pembangunan pertanian.
Pada berbagai kegiatan agribisnis mungkin mengharuskan perempuan diberikan kesempatan khusus untuk menjamin kesamaan akses terhadap berbagai manfaat. Karena sebagian orang memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memanfaatkan kesempatan yang ada, maka kita harus mempertimbangkan berbagai hambatan yang ada agar mereka dapat berpartisipasi secara sama. Disinilah pentingnya kegiatan penelitian yang dilakukan secara sistematik untuk mengidentifikasi dan memahami pola pembagian kerja dan kekuasaan antara pria dan wanita. Dalam hal ini pola hubungan sosial keduanya serta dampak/manfaat yang berbeda dari suatu kegiatan-kegiatan pembangunan terhadap pria dan wanita. Metode analisis jender dianggap penting diterapkan dalam proses identifikasi, perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan. Analisis ini dimaksudkan agar sungguh-sungguh dapat dipastikan bahwa pria dan wanita sama-sama berpartisipasi sesuai dengan potensi dan aspirasi, kebutuhan serta kepentingan mereka, serta sama-sama memperoleh manfaat yang adil.

4.      Bagaimana Pandangan umum terhadap wilayah pedesaan menurut pendapat rogers dalam bukunya Development Geography ?
Jawab :
Rogers berpandangan bahwa pedesaan dilihat dari penduduknya memliliki sifat tidak percaya kepada terhadap petani lain. Ini dikarenakan petani itu memperebutkan sumber ekonomi yang terbatas. Selain itu petani tersebut memiliki pandangan yang sempit sehingga petani tersebut sulit untuk maju. Petani juga memiliki rasa curiga terhadap pemerintah. Sehingga petani tidak mau menerima gagasan dari pihak luar dalam hal ini pihak pemerintah . dengan tdak mau menerima gagasan tersebut masyarakat desa menjadi lemah dalam merencanakan  masa depan mereka. Mereka cnderung beranggapan bahwa keberhasilan bukan dari kerja keras melainkan dari kekuatan dari luar (supranatural).


5.      Sebutkan dan jelaskan 5 masalah industry di indonesia !
Jawab :
1.      Ketergantungan yang tinggi terhadap impor baik berupa bahan baku , bahan penolong, barang setengah jadi dan komponen.
Indonesia merupakan Negara yang kaya akan bahan baku, namun dengan kondisi sumberdaya manusia yang kurang berkualitas maka untuk membuat barang jadi harus mendatangkan dari luar.
2.      Keterkaitan sektor industri dengan sektor ekonomi lainnya relatif masih lemah.
Tidak dipungkiri bahwa kurangnya support dari industry-industri yang lain membuat perkembangan industry di Indonesia kurang begitu maju.
3.      Modal yang sangat terbatas
Di Indonesia investor asing yang akan masuk dan menanamkan modalnya banyak di pengaruhi oleh birokrasi yang dipersulit sehigga investor yang dating ke Indonesia sangat sedikit dan akhirnya modal yang mengalir kepada industry di Indonesia sangat terbatas
4.      Sumber daya manusia dan Infrastruktur yang kurang memadai.
Faktanya penduduk Indonesia hanya sebagian persen yang lulus sarjana dan berpengaruh terhadap kualitas SDM yang kurang. Sehingga membuat masalah industry semakin kompleks. Disamping itu sarana infrastruktur kurang memadai akibat modal untuk membuatnya sangat kurang.
5.      Kegiatan sektor Industri di Indonesia kebanyakan hanya terpusat di pulau Jawa.
Seperti yang kita ketahui bersama sector-sektor ekonomi berpusat di pulau jawa dan Sumatra. Keadaan ini menjadikan industry di Indonesia tidak merata.


6.      Sebutkan dan jelaskan lima keuntungan dan kelemahan indonesia dalam globalisasi perdagangan !
Jawab :
Keuntungan :
1.      Mempererat kerjasama antar negara
Dengan adanya globalisasi persahabatan antar negara semakin erat dikarenakan adanya pengikat ekonomi yang menghubungkannya.
2.      Penambahan peluang kerja
Dengan globalisasi peluang kerja semakin banyak karena banyaknya permintaan barang dari luar negri. Hal ini tentu saja memerlukan tenaga dan sumberdaya manusia yang lebih banyak. Karena itu permintaan terhadap tenaga kerja pun akan semakin banyak
3.      Menambah devisa negara
Tentu saja dengan perdagangan bebas dapat menambah devisa negara. Devisa negara ini didapatkan dari pajak espor maupun infor. Setiap dana yangdi keluarkan oleh setiap pengusaha yang akan menginpor atau mengekspor barang akan dialokasikan kepada APBN.
4.      Membuat masyarakat indonesia lebih kreatif dan inovatip
Dengan adanya globalisasi mendorong masyarakat lebih inovatif dan kreatif. Mau tidak mau masyarakan akan bersikap seperti begitu karena persaingan semakin ketat membuat masyarakan akan berinovasi untuk barang yang akan di jualnya.
5.      Barang yang ada di indonesia semakin beragam
Dengan banyaknya barang masuk dan keluar barang yang ada dipasaran akan semakin beragam dan membuat pilihan pembeli semakin bermacam-macam

Kelemahan :
1.      Pengusaha menengah kebawah lokal akan semakin tergusur
Dengan adanya globalisasi barang masuk dengan beragam harga akan semakin melimpah ini mengakibatkan pengusaha menengah kebawah yang kalah dalam persaingan akan mengalami bangkrut.
2.      Semakin rendahnya cinta produk dalam negri
Semakin banyak barang-barang dari luar yang lebih bermerek dan bagus masyarakat akan lebih memilih barang dari luar sehingga mengakibatkan cinta produk dalam negri semakin melemah.
3.      Masuknya budaya westrnisasi
Dengan globalisasi tidak hanya barang yang masuk melainkan juga budaya. Akn banyak budaya yang masuk ke indonesia baik itu positif ataupun negatif dan akan mempengaruhi budaya asli indonesia.
4.      Produk dalam negri makin tersisih
Dengan globalisasi masyarakat akan lebih memilih produk luar dari pada produk lokal
5.      Budaya konsumtif makin tinggi
Dengan banaknya barang yang beredar mendorong budaya konsumtif masyarakan semakin menjadi-jadi
7.      Sebutkan dan jelaskan empat budaya yang mendukung dan menghambat pembanguna berkelanjutan !
Jawab :
Mendukung :
1.      Adanya seorang pemimpin yang kuat
Dengan adanya seorang pemimpin yang kuat maka akan mendorong pembangunan semakin teratur
2.      Menetap di dekat sumber daya
Dengan menetap di dekat sumberdaya maka pembangunan tersebut akan semakin maju
3.      Lebih mementingkan kebutuhan umum daripada diri sendiri
Dengan budaya tersebut maka kebutuhan publik akan semakin maju karena sikap yang lebih menmentingkan kebutuhan umum
4.      Gotong royong
Dengan sikap ini maka pembangunan akan semakin pesat karena semua orang dalam lingkungan tersebut akan ikut serta dalam pembangunannya
Menghambat :
1.      Sikap tradisional
Mempertahan kan budaya sendiri dapat menghabat pembangunan karena ada istilah ”kearipan lokal” yang tabu untuk diganggu
2.      Munculnya sikap etnosentrisme
Dalam hal ini masyarakat yang menganut siterm etnosentrisme akan peduli terhadap daerahnya sendri dan tidak memperdulikan daerah lain. Ini yang dapat menghambat proses pembangunan
3.      Sikap tertutup
Dengan tidak mau menerima budaya luar yang masuk maka pembangunan pun akan semakin terhambat.
4.      Budaya malas
Dengan SDM yang mempunya sikap  pemalas maka akan menghambat pembangunan karena kurangnya SDM yang berkualitas.


8.      Jelaskan keberhasilan pembanguna di indonesia berdasarkan indikator pembangunan berkelanjutan !
Jawab :
Keberhasilan pembangunan ditentukan dengan 5 aspek penting seperti aspek ekonomi, ekologi/lingkungan, sosial, politik, dan budaya. Ke lima aspek tersebut mempengaruhi keberhasilan pembangunan berkelanjutan.
Di Indonesia sendiri hanya menitik beratkan kepada perbaikan ekonomi sementara empat aspek sisanya kurang begitu di perhitungkan alhasil pembangunan berkelanjutan di Indonesia kurang berhasil.
9.      Jelaskan keikutsertaan indonesia dalam globalisasi perdagangan berdasarkan teori system dunia !\
Jawab :
Indonesia merupakan negara yang cukup aktif dalam aktifitas perdagangan global khususnya dalam kawasan asia tenggara. Indonesia tercatat mengikuti berbagai organisasi dunia seperti ASEAN, AFTA, APEC, SIJORI yang dapat membantu dalam globalisasi dunia.
Namun dengan indonesia mengikuti organisasi tersebut indonesia masih kurang dampak positifnya. Ini dibuktikan dengan ekonomi indonesia yang masih rendah dan berakibat pada ekonomi warga negara indonesia masih rendah dan tidak merata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail