Hepta Search

Minggu, 03 Februari 2013

Gunung Gede

Kami adalah sekelompok mahasiswa dari jurusan pendidikan geografi universitas pendidikan Indonesia. Sebagian besar dari kami memang sangat suka sekali dengan namanya jalan-jalan baik itu ke pantai ataupun menddaki ke puncak gunung.
Kali ini gw bakaln menceritakan sebuah perjalanan mendaki gunung gede di cianjur jawabarat.tadinya hanya iseng iseng aja membincangkan masalah pendakian ini. Ya sembari mengisi waktu luang gitu. . dan akhirnya diputuskan untuk mendaki gunung gede. Perencanaan dimulai dengan mengumpulkan logistic dan barang barang yang diperlukan di ruang PKM jurusan geografi. Perjalanan ini dimulai setelah pulang kuliah pada hari jumat.
Awalnya kami menggunakan bus damri, bus kebanggan kota bandung untuk pergi ke terminal leuwi panjang, kalian tau terminal leuwi panjang ? itu merupakan sebuah terminal yang lumayan gede lah di kota bandung dan merupakan terminal kebanggaan kota bandung wkwkwk. Nyampe di terminal kira-kira isya. Kami pun mencari bus yang menuju kota cipanas cianjur.
Tidak disangka kami menemukan sebuah bus yang sangat mewah dengan pendingin udara alami (angina gelebug atau AG) hehe, kata tmn gw tuh bus kaya terbuat dari kaleng biscuit -__- . . tp sensasinya luar biasa, dengan penuh ketegangan karena takut si bus tersebut rontok bodynya karena dibawa ngebut. . oh ia ongkos bus tersebut 20 ribu rupiah. . lumayan murah untk perjalanan yang cukup panjang, , gw sendiri di bis kya penjaga caril , sepenjang jalan kerjaannya ngbenerin posisi si ransel yang besar itu karena jatoh lagi jatoh lg “malang benar nasib gw” tp gpp lah yang penting perjalannanya lancer. .
Kira-kira jam 12 kami nyampe di cipanas kabupaten cianjur, perjalanan ini belum selesai karena kami harus nyarter angkot untuk pergi ke lokasi pendakian, lu coba bayangin dh satu angkot di isi sama 18 orang plus ransel yang sangat sangat besar. . di akot nih ya ada yang kya superman sambil tiduran di atas ransel, ada yang mojok dengan muka yang beuh asemmmmmmmmmm. . ada yang nagkel klo bahasa jermannya mh, nah gw kebagian yang nangkel di pinggir angkot, lg lg gw yang sial . . knapa gw yang selalu siallllllllllllll
Akhirnya kami tiba di lokasi pendakian, kami bermalam dulu di sebuah kantor foluntir, kya camp penjaga hutan gitu. . kami pun tidur dengan nyenyaknya, ada yang ngoroknya kya motor pesva, kencengnya luar biasa namun itu ga jd masalah, tp menurut gw masalah karena gw ga bisa tidurrrrrrrrrrr, culak cileuk sendirian ga bisa tidur lg lg gw yang sialllllllllll, gw berharap pas pendakian gw ga sial lg. . . .tuhan tolonglah hambamu ini. .
Keesokan harinya kami bersiap2 siap untuk berangkat, di awal dengan doa bersama agar kita semua selamat dalam perjalanan dan sampe puncak hehe
Perjalanan pun dimulai, selangkah demi selangkah kami berjalan tanpa henti dengan semangat 45 yang mengebu-gebu seperti tentara yang mau merebut kemerdekaan. .”wew”. .
Setelah berjalan cukup lama kami sampai di TALAGA BIRU, talaga ini sungguh sangat indah, klo lo ga percaya lo datang aja dan liat sendiri keadaannya. .
Perjalanpun di mulai kembali, kami pun berjalan dengan terengah-engah dan sekali kali melihat air minum, namun air itu perlu di irit-irit buat perjalan yang panjang ini, tp hausnya itu lo ga tahan men ga tahan. .
Perjalananpun terus berlanjut dan akhirnya kawan kita sampai di curug cibeureum, disini ada 3 air terjun yang tersembunyi oleh bukit bukit yang menjulang tinggi seperti perempuan cantik yang malu malu untuk didekati. .
Kami disana makan siang terlebih dahulu untu mengisi  perut yang sedari tadi sudah memainkan drumnya, kya drum band aja perut gw. . . ga lupa juga foto-foto buat kenang kenangan :D
Perjalanpun dimulai kembali, nah dari sini perjalan sudah lumayan ribet namun ga terlalu berat, landscape nya hanya hutan dan hutan sepanjang jalan di tambah dengan jalan yang berbatu cirikhas pendakian akan dimulai. .
Kami berjalan dengan beban berat dipunggung kami, namun dinikmati aja . . udaranya itu men, segerrrrrrrrrr bgt, beda lah sama udara kota yang banyak polusi, disini ga ada polusi sama sekali. . enaklah udaranya sampe sampe pengen ngbangun rumah disana ckckckck
Dari kejauhan gw nglian suatu kepulan asap, dikira ada kebakaran hutan eh taunya ada air terjun yang airnya panas, pengen berendem gw rasanya. . jgn pikir nyampe kesana mudah, gw Cuma dikasi jalan kayu dengan lebarnya Cuma satu kaki dan tali untuk menjaga agar ga jatuh, klo sampe jatuh matilah gw, lu bayangin aja di pinggir tuh jurang yang super dalem, nyawa lo tuh ya tergantung sama tali doing.. ati2 ati sama yang suka pake kaca mata gw saranin pas di track ini mendingan lu buka deh kacamata lo, klo ga lo tau sendri resikonya. . .
Perjalan pun terus dimulai, malem pun tiba kami dengan tenaga yang udah kekuras abis berharap cepat sampai ke camp terakhir. . dengan tenaga yang tinggal 5 persen kami terus berjalan. .
Dan akhirnya kawan, kami sampai di kamp terakhir yaitu KANDANG BADAK, disana kami bermalam dan mendirikan tenda untuk beristrahat sejenak menunggu jam 3, karena perjalan kami akan dilanjutkan pada jam 3. . .
Alarm hp pun menunjukan jam setengah 3, kami bergegas untuk packing, membereskan semuanya dan bersiap-siap untuk muncak. .
Perjalan di mulai kembali dengan suhu yang lumayan dingin kira-kira 8 derajat celsiusan lah. . dengan mata yang masih ngantuk kami berjalan selangkah demi selangh,
Di depan kami disajikan dengan tantangan yaitu panjat tebing. . horeeeeeee
Untuk nyampe ke puncak kami harus manjat tebing setinggi 20meteran. . lumayan nguras tenaga dan adrenalin tuh, untungnya tim bisa melakukan semuanya. .
Nah disini ujian di mulai, kami dihadapkan dengan track keputusasaan, kena track ini disebut track keputusasaan, karena tracknya merupakan tanjakan dengan jalan berbatu ga ada datar datarnya deh, nanjak terussssssssssssssssss, kalian harus kuat mental disini  . . pokoknya jg nyerah sama track kya gini. . klo ini sudah dilalui maka lo akan menemukan sesuatu yang indah
Lo tau apa sesuatu yang indah itu ??? benar sekali, PUNCAK GUNUNG GEDE, indah banget deh di atas sana dengan pemandangan terbit mataharinya. . . lo harus liat dh. .
Akhirnya kami di puncak, puncak yang maha indah, puncak yang maha menawan,ciptaan tuhan emang ga pernah gagal. . . lo liat kawahnya lo liat awannya seperti  lo berada di negri awan versi doraemon deh, maklum saja puncak ini berada pada ketinggian 2958 MDPL. .
Klo lo laki dan suka jalan jalan lo harus kesini deh, ga bakalan nyesel lo pada. .
Dipuncak kami tidak lama, hanya beberapa jam saja. .
Kami bergegas untuk turun lewat jalur gunung putri. .
Disana kami disajikan hamparan bunga abadi yang sangat amat luas. . kami beristirahat sejenak disana, namun jangn tergoda dengan rasa dingin disana, klo lo lengah muke lo bakalan kebakar, ga tau kenapa udaranya dingin tp bisa membuat muka terbakar, apa gara-gara anginya kering ya. .
Setelah lama beristrahat, kami melanjutkan perjalanan kembali dengan rasa cape yang mendalam kami tetap semangat untuk pulang he
Skip aja ceritanya ya, gw mau nyeritain langsung keakhir aja. . pas mau akhir kami dihadapkan dengan ratusan bahkan ribuan anak tangga, ini yang gw rasain paling berat, nurunin anak tangga. . capenya ga ketulungan lah mana kaki gw kya mau copot lg, parah bener nh anak tangga, klo menutur gw ini yang paling berat, pokoknya gw ga suka yang namanya anak tangga, mending gw disuruh balik kepuncak lg dr pd nurunin jlan kya gini, namun gw harus ttp bersabar karena bentar lagi nyampe pos, dan akhirnya nyampe pos dan ceritanya pun berakhir disini. .