Hepta Search

Senin, 18 Maret 2013

Tahukah Kamu Dimana Letak Paru-paru Dunia?



Kita boleh apatis/muak dengan Pemerintah, tapi jangan pernah menghina nama negara beserta simbol-simbolnya. Sebuah Bangsa ibarat sebuah kapal, sedangkan pemerintah adalah nahkoda, so tinggal nahkodanya mau membawa kemana. Kita tetap cinta Indonesia

Forumhijau.com - Letak paru-paru dunia ternyata ada di Indonesia lho. Paru-paru dunia adalah sebutan untuk sebuah tempat yang memiliki bayak pohon, dan hutan. Disebut paru-paru dunia karena manusia membutuhkan banyak pohon untuk menghasilkan Oksigen. 

Dan 70 persennya paru-paru dunia ada di Indonesia, tepatnya di Papua.

Pulau papua sangatlah indah sahabat orbit, sampai orang-orang diseluruh dunia menyebutnya surga dunia. Tak banyak hutan asli tersisa di tanah air, hanya hutan papua yang masih utuh. Saat ini luas hutan yang tersisa di Papua mencapai 30 juta hektar. Wilayah paling timur di Indonesia ini merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat beragam dengan nilai keunikannya yang khas.

Papua menjadi penyumbang utama keanekaragaman hayati Indonesia baik dalam tingkat keragamanannya maupun keendemikannya. Diperkirakan ada 602 jenis burung, 223 jenis mamalia, 223 jenis reptil dan 1030 jenis tumbuhan hidup di belantara Papua. Ada lebih dari tiga lusin spesies dalam keluarga Paradisaeidae, atau lebih dikenal dengan bird of paradise. Di Indonesia kita menyebutnya dengan burung cendrawasih.

Selain cendrawasih, ada jenis endemic lain yang terdapat di Tanah Papua, yaitu kuskus bermata biru yang ditemukan pada tahun 2004 di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini.

Pada bagian barat Papua, di kabupaten Raja Ampat, terhampar 610 pulau tepat di jantung segitiga karang dunia. Di tempat ini di temukan 450 jenis karang yang mencakup 75% jenis terumbu karang. Selain itu ditemukan 700 jenis moluska dan 283 jenis ikan. Bahkan di tahun 2005.

Di Papua Barat, tepatnya di Bintuni, terhampar gugusan ekosistem mangrove seluas 77,1 % dari total mangrove Indonesia. Waaaaaw.

Papua dengan segala bentuk keragaman hayati dan kekhasan alamnya patut menjadi kebanggaan kita semua. Tidak ada alasan untuk tidak menjaga hutan alam Papua agar tetap lestari. Mari kita jaga dan lestarikan hutan kita yaa.

Benar adanya ungkapan " Membuat Dunia Kiamat Cukup dengan Menghancurkan Alam Indonesia", seperti halnya Manusia jika Paru-parunya diangkat pasti mati!



www.forumhijau.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail